Minggu, 09 Desember 2012

MODIFIKASI POWER SUPPLY KOMPUTER UNTUK RIG


Manfaatkan Power supply komputer untuk pengganti power yang biasa dipergunakan untuk Radio rig, mungkin artikel ini kurang berkenan buat teman-teman semua, namun harapan saya artikel ini mungkin sedikit bisa membantu,dalam segi penghematan dana, hik. hikk..
awalnya saya mencoba memodifikasi power supplay komputer menjadi power rig dikarenakan kebetulan di rumah banyak buntangan atau rongsokan power komputer yang memang sudah tidak dipergunakan lagi,
 yang menjadi pertanyaan bagi saya setelah melihat dan membolak-balikan power suplay komputer tersebut saya melihat ada tulisan amper di power supplay tersebut :
+3.3 Volt : 12A
+5 Volt : 30A
+12 Volt : 15A
saya melihat kuat arus untuk keluaranya lumanya cukup untuk mensuplay satu buah radio rig yang saya punya ICom 2000, begitu saya pasang langsung ternyata ada beberapa kendala yang saya temuin, Pada saat saya transmit ada dengungan dan RF Power yang keluar juga tidak maksimal, akhirnya power supply komputer tersebut saya bongkar dan saya perhatikan beberapa komponen di dalamnya ada yang sudah tidak mengkilat lagi, hee, hee agak sedikit hangus maklum yang di bongkar PSUnya yang bekas sih. Secara umum switching PSU memiliki 2 pengontrol penting, yaitu OScilator yang digunakan untuk mencuplik arus listrik dan sebagai penentu besarnya tegangan yang dicuplik, biasanya dilakukan oleh sebuah IC TL-494. Dan pengaman arus dan tegangan yang biasanya dilakukan oleh IC LM-339. Untuk PSU CPU pengamanan tegangan biasanya sampai dengan 16V, jadi bila memerlukan keluaran sebesar 13.8V kita tidak memerlukan modifikasi pada modul ini. Namun, bila anda membutuhkan keluaran arus lebih besar dari 18A (masing-masing PSU berbeda), maka modifikasi pada modul ini diperlukan :

Perhatikan pada bagian IC TL-494 sebelum melakukan perubahan pastikan catu daya dari jala-jala PLN dilepas,

1. Pada pin 1 IC TL-494 terdapat 6 buah resistor yang terhubung lansung, yaitu 3 buah resistor paralel ke ground dengan nilai 120K, 56K dan 18k, jangan lakukan perubahan apapun pada ketiga resistor ini. Selain itu ada 3 resistor lagi yang tersisa yaitu 15K terhubung ke output +3.3V, 4k7 ke +5V dan 27K ke +12V. Cabut ketiga resistor tersebut.
2. Ganti resistor 27K yang telah dicabut diatas dengan sebuah resistor sebesar 10K dan Trimpot sebesar 20K, tegangan output 13.8V diperoleh pada nilai sekitar 26.6K. Anda dapat melakukan adjusting tegangan keluaran melalui trimpot tersebut.

3. Cabut kondensator elektrolit sebesar 1500uF/16V pada keluaran +12V, lalu ganti dengan kapasitor baru dengan kapasitansi yang lebih tinggi, misal 35V, 50V, dst. Komponen ini berfungsi sebagai perata arus, jadi makin besar kapasitansinya makin bagus. Gunakan 2 buah secara paralel masing-masing sebesar 10000uF/50V.

4. Karena switching PSU membutuhkan adanya arus keluaran yang konstan dioutputnya, maka tambahkan sebuah resistor dengan nilai 100 Ohm/2W paralel dengan kapasitor diatas ini berfungsi sebagai resistor load. Hal ini akan memastikan adanya arus konstant sebesar 138mA. Jadi keberadaan resistor load ini sangat penting, dalam sebuah switching PSU.

5. Karena hanya output 13.8V saja yang diiginkan, cabut seluruh kabel keluaran PSU standar, ganti dengan kabel yang sesuai yaitu pada keluaran +12V dan Ground yang nantinya akan dihubungkan ke radio.

6. Untuk menghidupkan PSU ini, menggunakan Remote power ON, yaitu dengan menghubungkan port PWR (Kabel warna Hijau) ke Ground (Kabel warna Hitam) . Jadi anda perlu menambahkan kabel dan saklar untuk mengaktifkannya


7. langkah berikutnya merupakan rangkaian tambahan apabila pada saat dihubungkan dengan radio terdengar adanya dengungan tambahkan rangkaian PHI -Filter pada bagian Output 13,8Volt dengan 2 buah kondensator keramik sebesar 470pf, dan tambahkan induktor sebesar 100uH ini akan berfungsi mengurangi noise akibat oscilator (PWM) dari PSU Switching, tambahkan AVO Digital untuk mengetahui besaran keluaran dari PSU

5 komentar:

  1. mohon maaf keterangan kurang jelas yg kami maksud untuk menaikan amper kan di situ untuk arus 5 volt 30 amper sedangakan arus 12 volt 14 amper apakah bisa yang 12 volt amper di naikan amper nya jadi 30 amper terima kasih sebelum nya

    BalasHapus
  2. mohon maaf keterangan kurang jelas yg kami maksud untuk menaikan amper kan di situ untuk arus 5 volt 30 amper sedangakan arus 12 volt 14 amper apakah bisa yang 12 volt amper di naikan amper nya jadi 30 amper terima kasih sebelum nya

    BalasHapus
  3. Guna 12v saja,yg lain, abaikan

    BalasHapus
  4. I learn some new stuff from it too, thanks for sharing your information. Lenovo Power Supply

    BalasHapus